blognya kaum Pere

bloGnya kAum PERE . . .

Minggu, 11 Juli 2010

MESJID RAYA RAO RAO

MESJID RAYA RAO-RAO TERLETAK DI JALAN POROS ANTARA KOTA BATUSANGKAR DAN PAYAKUMBUH, DESA RAO-RAO KECAMATAN SUNGAI TARAB, KABUPATEN TANAH DATAR, PROVINSI SUMATERA BARAT/ MESJID INI DIDIRIKAN PADA MASA PEMERINTAHAN HINDIA BELANDA TAHUN 1908 DAN DIMULAI PEMAKAIANNYA TAHUN 1918 . SEHINGGA ARSITEKTUR MESJID INI MENGIKUTI GAYA KOLONIAL //

DIBANGUN OLEH MASYARAKAT NAGARI RAO-RAO YANG DIPELOPORI ABDURRAHMAN DATUK MARAJO INDO, BELIAU SEORANG TOKOH ADAT SEKALIGUS TOKOH AGAMA SERTA CUKUP DISEGANI KOLONIAL BELANDA KARENA MEMACU SEMANGAT WARGANYA UNTUK MENENTANG DAN MENGUSIR PENJAJAH DARI NAGARI RAO-RAO //

ATAP MASJID BERBENTUK ATAP TUMPANG BERSUSUN EMPAT/ HAL INI MELAMBANGKAN 4 SUKU YANG ADA DI NAGARI RAO-RAO, YAITU BODI CANIAGO, BENDANG MANDHILING, PETAPANG KOTO ANYEAR DAN KOTO PILIANG/ HAL INI JUGA TERLIHAT DARI PINTU MASJID BERJUMLAH 4 BUAH, TIANG PADA BAGIAN UTAMA MASJID JUGA 4 BUAH SERTA TIANG DI DEPAN MIHRAB JUGA 4 BUAH //

PADA ATAP PALING ATAS TERDAPAT MENARA BERBENTUK SEGI EMPAT BERATAP GONJONG EMPAT/ DI SISI MENARA TERDAPAT KALIGRAFI “LAILAHAILLALLAH” (TIMUR), “HAIYYSAALAS SHOLAH” DAN “HAIYYAALA FALAH” (UTARA DAN SELATAN), SEDANGKAN SISI BARAT KOSONG./ MENARA/KUBAH YANG LAIN TERDAPAT DI ATAS SERAMBI DEPAN BERBENTUK SEGI DELAPAN DENGAN ATAP SENG DAN KERUCUT DIATASNYA //

TANGGA MASUK MASJID ADA 2 BUAH, DI SEBELAH KIRI DAN KANAN/ PADA BAGIAN DEPAN MASJID YAITU PADA BAGIAN KIRI DAN KANAN TERDAPAT 2 BUAH KOLAM YANG BERFUNGSI SEBAGAI TEMPAT MENCUCI KAKI SEBELUM MASUK MASJID //

RUANG UTAMA

PINTU UTAMA MASUK MASJID DUA BUAH MELALUI LIMA BUAH ANAK TANGGA DARI SEBELAH TIMUR SEDANGKAN PINTU LAIN TERDAPAT DI SEBELAH UTARA DAN SELATAN/ JENDELA RUANGAN BERJUMLAH 11 BUAH MASING-MASING BERDAUN DUA BUAH TERDAPAT DIDINDING UTARA (EMPAT BUAH), TIMUR (TIGA BUAH) DAN SELATAN (EMPAT BUAH)./ DISETIAP AMBANG PINTU DAN JENDELA DIHIASI KALIGRAFI. //

DALAM RUANG UTAMA TERDAPAT 4 BUAH TIANG UTAMA (SOKOGURU) TERBUAT DARI BETON BERUKURAN 82 x 82 CM PADA BAGIAN BAWAHNYA/ TIANG BAGIAN BAWAH BERBENTUK BUJUR SANGKAR DAN DIATASNYA BERBENTUK BULAT DENGAN HIASAN BUNGA/ PADA BAGIAN BARAT DISAMPING KIRI DAN KANAN DISEKAT MEMBENTUK KAMAR UNTUK RUANG KANTOR PENGURUS MASJID/ PADA BAGIAN TIMUR TERDAPAT TANGGA NAIK KE ATAP/KE MENARA TERLETAK DIANTARA DUA PINTU MASUK RUANG UTAMA ( TANGGA SUDAH DIPERBAHARUI) / /

MIHRAB TERLETAK DIANTARA KEDUA KAMAR YANG BERFUNGSI SEBAGAI KANTOR PENGURUS MASJID DAN BAGIAN BARAT (DINDING) SEDIKIT MENJOROK KELUAR DENGAN UKURAN 1 x 6,50 M/ SEDANGKAN KESELURUHAN RUANG MIHRAB BERUKURAN 5 x 6,50 M DENGAN 3 BUAH RELUNG DIHIASI KALIGRAFI SURAT AL ANKABUT 45, ALI IMRON DAN AT-TAUBAH 19/ MIMBAR TERDAPAT DIDALAMNYA, DIBUAT SECARA PERMANEN PADA TAHUN 1930, BERUKURAN 3 x 1,38 M, TINGGI 3,15 / MEMILIKI EMPAT BUAH ANAK TANGGA DAN SELURUH BAGIAN DIHIASI DENGAN PECAHAN KACA DAN KERAMIK ( URAIAN LENGKAP, TEREKAM DI WAWANCARA ) //

LANTAI MASJID BAGIAN DALAM BERUPA LAINTAI MARMER HITAM YANG MERUPAKAN LANTAI BARU / ADAPUN PADA BAGIAN LUAR ATAUSERAMBI LANTAI MASIH ASLI BERUPA KERAMIK DENGAN MOTIF BUNGA BERWARNA COKLAT/ KERAMIK INI ASLI DIDATANGKAN DARI BELANDA //

SERAMBI

SERAMBI MASJID TERDAPAT DI BAGIAN DEPAN (TIMUR) MENJOROK KELUAR DARI BANGUNAN UTAMA BERUKURAN 6,50 x 5 M / DINDING TERBUKA DIHIASI DENGAN TIANG LENGKUNG (PILAR), TANPA PINTU KELUAR / LANTAI DARI TEGEL BERHIASKAN MOTIF BUNGA/ MASIH ASLI DARI BELANDA/ ATAP DARI SENG, DI ATASNYA TERDAPAT KUBAH DENGAN BENTUK SEGI DELAPAN DI ATASNYA TERDAPAT KEMUNCAK / DINDING TERBUKA DIHIASI TIANG LENGKUNG ATAU ARCADE //

TERAS

BANGUNAN TERAS MASJID TERDAPAT DI BAGIAN DEPAN (ANTARA SERAMBI DAN RUANG UTAMA), DAN DISAMPING KIRI DAN KANAN RUANG UTAMA (SISI UTARA DAN SELATAN) DENGAN LEBAR 2,80 M/ LANTAI DARI TEGEL/KERAMIK, DINDING TERBUKA DIHIASI TIANG LENGKUNG ATAU ARCADE //

TEMPAT WUDHU

BANGUNAN TEMPAT WUDHU MENYATU DENGAN KOLAM YANG TERLETAK DI SEBELAH UTARA MASJID / KOLAM BERBENTUKPERSEGI PANJANG, SEDANGKAN TEMPAT WUDHU TERLETAK DI PINGGIR SEBELAH BARAT/ BAGIAN BARAT KOLAM DIFUNGSIKAN SEBAGAI MCK //

MAKAM

MAKAM TERDAPAT DI BELAKANG MASJID (BARAT) BERJUMLAH 12 BUAH BENDENAH PERSEGI PANJANG / RATA-RATA MAKAM DIBUAT SANGAT SEDERHANA DENGAN BATA MERAH DISEMEN 20 CM/ SALAH SATU MAKAM YANG ADA ADALAH MAKAM PENDIRI MASJID YAITU ABDURRAHMAN DATUK MARAJOINDO BERUKURAN 2.00 x 1,00 x 0,30 M / MAKAM YANG BERPAGAR BESI ADALAH MAKAM TUANKU LARAS MARAJO INAN BERUKURAN 2,20 x 1,00 x 0,35 M BERPAGAR BESI / MAKAM LAIN ADALAH MAKAM KELUARGA YANG TIDAK DIKETAHUI MASYARAKAT SETEMPAT,ADA YANG DIBUAT SEDERHANA DAN ADA YANG BERPAGAR BESI BERUKURAN 3,00 x 2,50 x 1,25 M//

MASJID RAO-RAO INI SUDAH TIGA KALI MENGALAMI RENOVASI KARENA KERUSAKAN-KERUSAKAN TERUTAMA GEMPA BUMI YANG MELANDA SUMBAR BULAN MARET DAN SEPTEMBER 2007 KEMARIN / SAAT SHOOTING PENGAMBILAN VISUAL, RENOVASI MASIH BERLANGSUNG KARENA DAPAT BANTUAN DARI RATU BEATRIX (BELANDA) / DIANTARANYA BAGIAN-BAGIAN YANG RETAK AKIBAT GEMPA DILAKUKAN PENYUNTIKAN DAN PLESTER DENGAN SEMEN BAJA LANGSUNG DIDATANGKAN DARI BELANDA / SEHINGGA SECARA KESELURUHAN TIDAK MERUBAH BENTUK ASLI //

SELAIN TEMPAT BERIBADAH, MASJID RAYA RAO-RAO INI SAMPAI SEKARANG JUGA BERFUNGSI TEMPAT PENDIDIKAN ANAK-ANAK BELAJAR MENGAJAR YAKNI DIBANGUNNYA GEDUNG TPA DISEBELAH MASJID //

Mesjid Raya Lima Kaum


MASJID RAYA LIMA KAUM MERUPAKAN SALAH SATU BANGUNAN TERTUA DI WILAYAH SUMATERA BARAT/ TEPATNYA DI NAGARI LIMA KAUM ,KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT/ BANGUNAN MASJID RAYA LIMA KAUM BERADA DALAM LINGKUNGAN PEMUKIMAN PENDUDUK DIKELILINGI JALAN MASJID RAYA (JALAN KAMPUNG) DI BAGIAN UTARA,SELATAN DAN TIMUR/ SEDANGKAN DI BAGIAN TIMUR BERBATASAN DENGAN BANGUNAN TPA DAN KOLAM/

LATAR SEJARAH

SEJARAH BERDIRINYA MASJID RAYA LIMA KAUM TIDAK DIKETAHUI DENGAN PASTI/DALAM RIWAYAT MASYARAKAT MINANG, ISLAM MASUK MINANGKABAU DIBAWA OLEH SEORANG ULAMA BESAR YAITU TUANKU SYEKH BURHANUDDIN, YANG PERNAH BELAJAR DI DAYAH (SEMACAM PESANTREN) SYEKH ABDURRAUF SINGKEL DI ACEH SELATAN/SALAH SATU DAERAH YANG BERHASIL DIISLAMKAN ADALAH DAERAH LIMA KAUM (DINISBAHKAN KEPADA NAMA SUKU SETEMPAT) YANG PADA WAKTU ITU MERUPAKAN KERAJAAN KECIL DARI WILAYAH KERAJAAN MINANGKABAU/ KONON MASJID YANG PERTAMA DIDIRIKANNYA TERDAPAT DI DAERAH BALAI BATU, SEBUAH PERKAMPUNGAN KECIL DI DAERAH LIMA KAUM, PADA TAHUN 1650M/BENTUK MASJID SANGAT SEDERHANA, HANYA BERALASKAN BATU-BATUAN YANG DISUSUN SECARA RAPI DENGAN UKURAN TERTENTU,TANPA DINDING DAN ATAP,SAMA SEPERTI NABI IBRAHIM MEMBANGUN MASJID HARAM DI MEKAH/

DALAM PERKEMBANGAN SELANJUTNYA,TEPATNYA SETELAH 25 TAHUN BERIKUTNYA (TAHUN 1675 M),MULAILAH DILAKUKAN PENYEMPURNAAN BANGUNAN SEBAGAIMANA LAZIMNYA WUJUD MASJID/ MELIHAT PERKEMBANGAN PEMELUK AGAMA ISLAM DI DAERAH LIMA KAUM, MAKA PADA TAHUN 1710M PENDUDUK SETEMPAT BERSEPAKAT UNTUK MEMBANGUN MASJID YANG LEBIH BESAR DENGAN MELIBATKAN BEBERAPA NAGARI (DAERAH) SEKITAR LIMA KAUM/ PEMBANGUNAN MASJID KETIGA INILAH YANG DIKERJAKANSECARA BERGOTONG ROYONG DENGAN MELIBATKAN BERBAGAI LAPISAN MASYARAKAT TANPA KECUALI,SEPERTI NINIK MAMAK (PEMANGKU ADAT), KAUM CERDIK PANDAI (INTELEKTUAL), DAN ALIM ULAMA (GURU AGAMA ISLAM)./BAHKAN DATUK BANDARO KUNIANG SEBAGAI RAJA NAGARI LAIMA KAUM MENETAPKAN KETENTUAN,KEPADA SIAPA YANG TIDAK IKUT GOTONG ROYONG SEHARI SAJA,AKAN DIAMBIL TERNAKNYA UNTUK DISEMBELIHSEBAGAI GANTI ATAS KETIDAKHADIRANNYA/

MASJID KETIGA INILAH YANG SEKARANG BERNAMA MASJID RAYA LIMA KAUM/SAMPAI KINI MASIH UTUH DAN KOKOH,DAN UNIKNYA TANAH TEMPAT BERDIRINYA MASJID RAYA DAHULUNYA MERUPAKAN BEKAS LOKASI SEBUAH PAGODA (SEMACAM CANDI) YANG TELAH DITINGGALKAN PENGANUTNYA KARENA MASUK ISLAM/

BANGUNAN MASJID BERTINGKAT LIMA DENGAN TIANG UTAMA BERDIAMETER 75 CM DENGAN TINGGI MENCAPAI 55 M, ARSITEKTURNYA MENCERMINKAN SINKRETISME (PENCAMPURAN PAHAM) ANTARA BUDDHA DAN ISLAM DALAM PROSES PEMBUATANNYA/ IDENYA BERASAL PAGODA YANG MEMANG MIRIP MENARA MENJULANG TINGGI,TETAPI SUDAH DIMODIFIKASI SEBAGAI PERLAMBANG RUKUN ISLAM/

PADA TAHUN 1984 TELAH DILAKUKAN PULA KEGIATAN STUDI KELAYAKAN OLEH PROYEK PEMUGARAN DAN PEMELIHARAAN PENINGGALAN SEJARAH DAN PURBAKALA SUMATERA BARAT DALAM RANGKA KEGIATAN PEMUGARAN/ SEDANGKAN KEGIATAN PENELITIAN DENGAN TUJUAN INVENTRISASI PENYEBARAN BENDA CAGAR BUDAYA MASA ISLAM DAN STUDI PROSES ISLAMISASI DI SUMATERA BARAT DILAKUKAN OLEH PUSAT PENELITIAN ARKEOLOGI NASIONAL PADA TAHUN 1985/

KEGIATAN PEMUGARAN YANG DILAKSANAKAN SECARA SWADAYA OLEH MASYARAKAT SETEMPAT TELAH BEBERAPA KALI DILAKSANAKAN, SEPERTI PENGGANTIAN ATAP IJUK DENGAN SENG (1908), PEMBUATANSERAMBI (1940), PENGGANTIAN BILAH-BILAH PAPAN YANG SUDAH RAPUH (1941),PEMBUATAN LOTENG UNTUK MENGHINDARI GANGGUAN KELELAWAR (1937),PERBAIKAN DAN PELEBARAN MIHRAB (1969),PERBAIKAN JENDELA DAN PEMASANGAN KACA NAKO (1977) /

DESKRIPSI BANGUNAN

BANGUNAN MASJID RAYA LIMA KAUM MEMILIKI KOLONG DAN BAGIAN ATAP MEMBENTUK KERUCUT (PAGODA)/ ATAP TUMPANG LIMA TERBUAT DARI SENG DENGAN PUNCAK BERBENTUK SEGI DELAPAN BERJENDELA KACA (DUA DAUN)/ DENAH MASJID BERBENTUK SEGI EMPAT DENGAN PONDASI DARI BETON, DINDING DAN LANTAI TERBUAT DARI PAPAN, TIANG DARI KAYU ULIN,DAN JENDELA DARI KACA NAKO DI SEMUA SISI BANGUNAN/

BANGUNAN MASJID DIKELILINGI OLEH PAGAR BESI DENGAN PONDASI TERBUAT DARI BATU KALI/ DISEBELAH UTARA DAN SELATAN TERDAPAT PINTU GERBANG TERBUAT DARI BETON COR DENGAN ATAP GONJONG LIMA/PADA TIANG TERDAPAT HIASAN KALIGRAFI ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH, “ALLAH” DAN “MUHAMMAD”/GAPURA MASJID DI BAGIAN SELATAN TERDAPAT ANGKA TAHUN PEMBUATAN YAITU 6 MEI 1974,WAKAF DARI KELUARGA Dt.KAHONDO MARAJO

SERAMBI

SERAMBI MASJID TERDAPAT DI BAGIAN DEPAN (TIMUR) DENGAN PONDASI TERBUAT DARI BETON/ ERAMBI BERUPA RUANGAN TERTUTUP DENGAN DINDING KACA NAKO/ ATAP SERAMBI DARI SENG BERBENTUK SEMI LIMAS/PINTU MASUK TERDAPAT DI BAGIAN UTARA DAN SELATAN/ DIATASNYA KUBAH/MENARA BERBENTUK SEGI DELAPAN DENGAN JENDELA KACA (DUA DAUN) DI SETIAP SISINYA/ ATAP MENARA BERBENTUK KUBAH/ KEMUNCAK BERBENTUK SUSUNAN BUAH LABU DAN PALING ATAS RUNCING (KERUCUT)/SERAMBI JUGA DIFUNGSIKAN SEBAGAI TEMPAT BELAJAR AL-QURAN,DAN TEMPAT PENITIPAN SEPATU DAN SANDAL/

RUANG UTAMA

UNTUK MASUK KE RUANG UTAMA MASJID,DARI SERAMBI MELEWATI PINTU BERELUNG DUA, BERHIASKAN KALIGRAFI DAN SULUR/ PINTU TERBUAT DARI KERANGKA BESI YANG DAPAT DILIPAT MENYAMPING KE KIRI DAN KANAN/RUANG UTAMA BERLANTAI DAN BERDINDING PAPAN DENGAN JENDELA KACA NAKO TERDAPAT DI SISI-SISI KANAN/RUANG UTAMA BERLANTAI DAN BERDINDING PAPAN DENGAN JENDELA KACA NAKO TERDAPAT DI SISI-SISI DINDING/JENDELA NAKO MASING-MASING BERJUMLAH 6 BUAH DI BAGIAN DINDING UTARA DAN SELATAN/, DAN 4 BUAH DI SISI BARAT DAN TIMUR/TIANG BANGUNAN BERJUMLAH 6 BUAH DI BAGIAN DINDING DARI KAYU ULIN BERDIAMETER ANTARA 23 – 45 CM DAN SATU TIANG UTAMA (TONGGAK MACU) BERADA DI TENGAH-TENGAH DENGAN GARIS TENGAH + 75 CM/ TIANG UTAMA DITUTUP DENGAN PAPAN (TRIPLEKS) BERBENTUK SEGI DELAPAN (2,5 M) BERFUNGSI SEBAGAI PENUTUP TANGGA NAIK KE KUBAH/MENARA YANG MELINGKAR KE KIRI PAD TIAN UTAMA/ ATAP PLAFON TERBUAT DARI PAPAN KAYU /

DIBAGIAN TIMUR SEBELAH SELATAN RUANGUTAMA TERDAPAT BEDUG YANG TERBUAT DARI POHON-POHON KELAPA DENGAN GARIS TENGAH 60 CM (BAGIAN YANG DIPUKUL), 27 CM ( BAGIAN EKOR), DAN PANJANG 220 CM/ DI SEBELAH BARAT RUANG UTAMA TERDAPAT BANGUNAN MIHRAB MENJOROK KELUAR DARI BANGUNAN RUANG UTAMA DAN BERLANTAI KERAMIK/ TERDAPAT DUA BUAH RELUNG YANG DIHIASI KALIGRAFI DAN ANGKA TAHUN RENOVASINYA DANBERLANTAI KERAMIK/TERDAPAT DUA BUAH RELUNG YANG DIHIASI KALIGRAFI DAN ANGKA TAHUN RENOVASINYA “12-10-1989 M/12-3-1410 H ./ DIDALAM MASJID TERDAPAT MIMBAR UNTUK KHUTBAH JUMAT SEBAGAIMANA UMUMNYA,NAMUN HANYA SEBUAH MEJA DAN KURSI BIASA/

KUBAH/MENARA MASJID BERBENTUK SEGI DELAPAN DENGAN JENDELA (DUA DAUN) DI SETIAP SISINYA/ ATAPNYA BERBENTUK KERUCUT DAN KEMUNCAKNYA TERDIRI DARI SUSUNAN BUAH LABU DAN BULAN SABIT.